Lima Keluhan Fotografer yang Sering Diterima Admin

Lima Keluhan Fotografer yang Sering Diterima Admin

Kumpulan keluhan fotografer ini berhasil admin himpun dari banyaknya pertanyaan yang tiap hari masuk ke WhatsApp admin ataupun Direct Message Instagram Gudang Kamera Surabaya. Pasti ada diantara kalian yang pernah ngalamin ini nih hoho. Nah inilah pertanyaan yang paling banyak ditanyain ada lima! :

.

1. "Bingung min,kamera yang bagus apa ya ?"

Nah ini nih,admin juga bingung kadang balesnya hoho. Jadi gini ya Sobat GK ada beberapa tips terutama bagi pemula memilih kamera :

- Pahami Dulu Kebutuhanmu!

Kamera "bagus" ini selera ya sifatnya subjektif karena setiap kebutuhan orang berbeda. Kamera identik dengan spesifikasi dan fitur. 

Kebutuhan setiap orang dalam fotografi berbeda. Kalian boleh coba asah dengan identifikasi dua hal ini :

a. Objek foto yang disuka

b. Kepentingan,misalnya untuk disewain,untuk bikin konten video upload di YouTube dsb

- Banyak Browse Tipe Kamera

Setelah tau kebutuhan langkah selanjutnya adalah kepoin spec dan fitur nah dari situ kita semua dapat memanfaatkan dengan baik gear kita hehe

- Jelajah Merk Kamera Gapapa Dong

Ini cara paling sering yakni beli kamera karena temen pakai kamera Canon misalnya. Gapapa kok kita pakai Canon juga,biar bisa belajar bareng lebih mudah sama temen yang pakai Canon juga hehe *misalnyalhoya

 

2. " Ribet min ngatur segitiga exposure pakai mode manual!"

Oke oke kalau ini tergantung mau foto apa ya kita. Karena pemilihan mode manual dan autofokus bergantung dengan objek apa yang akan kita foto. Plus konsep foto apa yang akan kita buat.

Cara mudahnya adalah pakai Light Meter!

Lightmeter ini adalah indikator untuk menyesuaikan exposure hasil setting segitiga exposure.

Untuk langkah-langkah mana dulu nih yang harus diatur dalam segitiga exposure,urutannya adalah

Aperture - Shutter Speed - ISO 

3. " Kameraku Kok Hasilnya Gabisa Bokeh ya min ?"

bokeh itu dihasilkan oleh banyak faktor,yang paling berperan adalah lensanya dan bukan kameranya! hehe

kalau ingin hasil foto yang bokeh banget nih kek hasil foto orang-orang bukaan lensa haruslah besar yakni diangka minimal ( f.2.8 )

 

4. " Habis Dipinjem Temen Kok Kameraku Gabisa Gini ya min....."

Biasanya nih abis dipinjem temen atau ada riwayat pernah dipinjem temen pasti ada aja yang berubah. Baik secara settingan maupun perfotma gear. Nah kalau berkaitan dengan settingan menu kamera yang bermasalah, bisa dicari dulu yaa. Kalau mentok baru deh di-reset hehe.

5. " Jarak Lensa Sama Objek Udah Bener Tapi kok Sering Mbleset ya Fokusnya ?"

Mbleset is Missfokus ya sobat GK hehe. Nah ini nih kadang kita udah feel hasil foto kita fokus tapi ternyata ga fokus pas dilihat lebih jelas lagi wkwk. Solusinya adalah...

 

.

Itu tadi lima teratas kumpulan keluh kesah Sobat GK yang pertanyaanya sering meluncur ke chat admin. Semoga bermanfaat ya!

Share Post: