be SMART buyer .......

 be SMART buyer .......

 

be SMART buyer .......

Menjelang hari raya idul fitri, pasti banyak sekali beberapa kasus, terutama kasus kriminalitas, dan ada beberapa kasus yang sering kita lihat & kita jumpai, yaitu PENIPUAN ONLINE. Kasus yang mungkin tidak asing lagi buat kita. Dan anehnya juga banyak sekali korban yang sudah tertipu dalam kasus ini.

Alasannya cuma satu yaitu TERPANCING HARGA MURAH ..!!!!!!!

Beberapa foto yang kita share kali ini, adalah salah satu contoh kasus penipuan yang mengatasnamakan GUDANG KAMERA, yaitu itu di surabaya, malang ataupun di jakarta. ataupun toko lainnya, Dengan mengambil beberapa foto kita dan menjadkannya sebagai foto sampul, profil dll.

Harga yang tertera didlamnya juga SANGAT TIDAK WAJAR, yaitu jauh dibawah harga pasaran. Mulai dari harga BARU ataupun SEKEN

So..... Buat semua rekan fotografer & pelanggan setia gudang kamera harap lebih berhati-hati ya, terutama dalam kasus seperti ini. 
Tapi jangan kuatir kita ada beberapa tips yang bisa kalian perhatikan saat belanja ONLINE, beikut tips nya

 

1. Pastikan identitas dan reputasi penjual

Ini adalah yg pertama yg harus kita perhatikan, memastikan identitas secara detail. Mulai dari cross-check & melihat reputasi sang penjual. Jika itu di facebook & IG bisa dilihat dari jumlah follower & juga aktiitas keseharian toko

 

2. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promo

Jika promo atau potongan harganya terlalu tinggi, sebaiknya Anda waspada. Jangan mudah percaya juga dengan penjual yang memberikan embel-embel barang black market, lolos bea cukai, dan sejenisnya. Selain berpotensi sebagai tindak penipuan, Anda juga akan dirugikan dengan membeli barang tidak resmi

 

3. Utamakan COD

Ketika Anda akan membeli sebuah barang, usahakan anda selalu mencari toko atau penjual online yang dekat dengan lokasi Anda. Mengapa Demikian? Supaya Anda bisa melakukan transaksi secara COD (Cash on Delivery) atau transaksi langsung dengan bertemu si penjual, dengan demikian Anda bisa mengecek langsung barang yang Anda beli sekaligus meminimalkan tindak penipuan.

 

4. Gunakan REKBER

Jika memang melakukan COD tidak memungkinkan bagi Anda, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa pihak ketiga untuk memfasilitasi transaksi Anda dengan penjual. Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah jasa Rekening Bersama atau yang biasa kita sebut dengan Rekber. Jasa rekber nantinya akan berfungsi untuk menjaga transaksi kita tetap aman, namun tentu saja dalam menggunakan jasa ini Anda perlu mengeluarkan sedikit biaya.

Rekber akan membuat Anda tenang dalam melakukan transaksi karena uang yang Anda transfer ke pihak penjual nantinya akan ditahan dulu oleh pihak rekber dan uang tersebut akan dicairkan kepada penjual apabila pembeli sudah menerima barang yang dibeli dan mengeceknya.
Contoh kali ini bisa memakai BUKALAPAK atau TOKOPEDIA

 

5. Jangan Berpatokan pada Testimoni

Dahulu, melihat testimoni milik sebuah toko online bisa menjadi acuan Anda ketika akan memilih toko online. Namun sepertinya hal ini tidak berlaku lagi saat ini. Oknum-oknum penipuan sekarang semakin pintar dalam mengelabui para korbannya. Hal ini terbukti dengan banyaknya korban penipuan karena mereka terlena dengan testimoni palsu si penipu.

 

6. Minta Rekomendasi Rekan Anda

Meminta rekomendasi rekan atau kerabat Anda yang sudah berpengalaman dalam berbelanja online juga bisa Anda lakukan. Dengan begitu rekan atau kerabat Anda tersebut akan memberitahukan kepada Anda mana toko online yang terpercaya berdasarkan pengalaman rekan atau kerabat Anda ketika berbelanja online sebelumnya. Dan yang terakhir yaitu :

 

7. Simpan dengan Baik Segala Bukti dan Transaksi

Jangan pernah membuang segala bukti yang berkaitan dengan transaksi seperti bukti percakapan melalui SMS atau juga bukti transfer Anda. Agar lebih aman sebaiknya Anda menyimpan segala bukti tersebut hingga barang yang Anda pesan sudah berada di tangan Anda. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila seandainya Anda menjadi korban penipuan.

 

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan, terutama belanja ONLINE, lebih berhati-hati saat mau bertransaksi.

Tingkatkan Terus Kewaspadaan Anda

Pengguna internet di negara kita semakin hari semakin bertambah banyak jumlahnya. Kebanyakan para netizen ini tidak hanya sekedar untuk mendapatkan sebuah informasi namun juga untuk berbelanja secara online. Hal ini bisa berdampak pada meningkatnya risiko penipuan secara online sehingga kita harus senantiasa waspada. Bagi para oknum penipuan tentu akan terus berusaha untuk mengembangkan modus penipuan online ini dan oleh karena itu ada baiknya Anda menerapkan semua tips diatas ketika berbelanja online untuk menghindari segala bentuk penipuan yang tentu saja bisa merugikan Anda. Demikian tips-tips mewaspadai penipuan berkedok online, semoga bermanfaat.

Share Post: